Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur lebaran

3 July, 2017

C-OKdCTVoAAuhKKLiburan memang menyenangkan, terutama libur lebaran ini. Biasanya perusahaan akan memberikan cuti bersama bagi para karyawannya. Kemudian kita akan sejenak melupakan beban pikiran saat bekerja di kantor.

Tanpa terasa, libur lebaran sebentar sudah berakhir. Tumpukan pekerjaan sudah malambai-lambai minta diselesaikan. Kamu masih terbawa euphoria libur panjang yang sangat menyenangkan, begitu kamu kembali ke hadapan pekerjaan. Semangat dan gairahmu seakan tiada lagi.

Tentu, semua pekerja pasti pernah mengalami moment seperti ini kok!Mengembalikan semangat bekerja setelah libur lebaran bukanlah perkara mudah. Apalagi jika harus membayangkan kemacetan jalan dan setumpuk pekerjaan yang menanti. Nah, bagaimana cara agar Anda nanti tetap semangat bekerja seusai libur lebaran , yuk simak tips mengembalikan semangat kerja setelah libur lebaran berikut :

1. Ubah pola pikir Anda menjadi positif

Kebanyakan orang malas kembali bekerja karena hanya meiihat dari sisi negatifnya saja, misalnya harus kembali menghadapi bos yang pemarah, klien yang rewel, dan setumpuk pekerjaan. Daripada berpikir kembali bekerja sebagai suatu beban, lihatlah sisi positifnya. Anda bisa berjumpa lagi dengan rekan-rekan kerja. Anda juga mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan kerja.

2. Lakukan hal-hal yang membuat semangat di pagi hari

Anda bisa melakukan peregangan setelah bangun tidur, dilanjutkan dengan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau lari pagi. Menurut seorang psikolog asal Melbourne, dr. Meredith Fuller, menjaga tubuh tetap aktif adalah kunci hidup dan semangat.

3. Beri penghargaan kecil untuk diri Anda

Jika Anda suka coklat, Anda bisa menyeduh minuman coklat panas untuk menemani Anda bekerja. Membuat hari pertama kerja terasa menyenangkan akan berlanjut semangat pada hari-hari selanjutnya.

4. Berbagi dengan rekan kerja

Sembari menyapa dan mengucapkan selamat hari raya, Anda bisa berbagi cerita dan foto-foto liburan, cinderamata, atau oleh-oleh dengan rekan kerja Anda. Jika Anda tidak berlibur kemana-mana, Anda bisa berbagi cemilan sisa lebaran Anda untuk dimakan bersama-sama. Berbagi kebahagiaan seperti ini akan membuat percakapan menarik sehingga suasana kantor lebih hidup & bersemangat.

5. Bekerja dengan serius tapi santai

Aura liburan terkadang membuat sebagian orang ingin buru-buru menyelesaikan tugas / pekerjaan mereka agar bisa cepat pulang & beristirahat. Sebaiknya hindari perilaku kerja ini. Bekerjalah dengan serius tapi santai agar pekerjaan di hari pertama ini tidak menjadi membosankan, dan bisa dinikmati . Selain itu, bekerja dengan tenang & santai juga kan membuat ide kreatif Anda mengalir lancar.

6. Jangan membuat keputusan besar di hari pertama kerja

Keputusan besar tersebut misalnya keputusan tender besar, atau resign. Jika Anda ingin resign, pastikan memang disebabkan karena situasi dan kondisi bekerja yang selama ini tidak mendukung, bukan hanya karena Anda masih terbawa aura liburan. Bisa jadi keputusan tersebut akan Anda sesali.

7. Jadilah si Tangguh

Bermalas-malasan di hari pertama kerja mungkin tidak hanya menyerang Anda, tetapi juga rekan-rekan kerja Anda. Sebaiknya, Anda jangan ikut-ikutan malas bekerja. Tunjukkan semangat kerja Anda, karena semangat kerja akan menular pada rekan kerja yang lain.

Dan terakhir, semua tips di atas tidak akan memberikan hasil yang optimal jika Anda tidak mencintai pekerjaan Anda. Cintai pekerjaan yang sudah Anda dapat. Orang yang mencintai pekerjaannya akan senantiasa merindukan suasana tempat ia bekerja, rekan-rekan kerjanya, fasilitas tempat ia bekerja, hasil pekerjaannya, dan lain sebagainya sekalipun setelah liburan panjang usai.

Ayo!! kembali semangat bekerja #SobatGMG!!

Berbagai Sumber